Yaman Berlakukan Keadaan Darurat, 33 Demonstran Tewas

Published on March 19th, 2011 by | Category: Dunia Islam, Featured


DDHK News — Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, mengumumkan keadaan darurat setelah pertumpahan darah di ibukota Sanaa, yang menewaskan puluhan jiwa, Jumat (18/03). Ratusan orang lainnya cedera.

Di negeri sangat miskin itu ribuan warga sudah berminggu-minggu lamanya berdemonstrasi menuntut lengsernya presiden. Para pengunjuk rasa yang berdemo di Universitas Sanaa ditembaki seusai sholat Jumat dari atap-atap gedung di sekitar.

Menurut beberapa dokter, sedikitnya 46 orang tewas dan tiga ratus orang lainnya terluka. Menteri Dalam Negeri Yaman menyatakan jumlah korban meninggal mencapai 25 orang.

Presiden Yaman menyatakan menyesalkan pertumpahan darah. Namun, ia menambahkan polisi tidak terlibat di dalamnya. “Polisi tidak berada di sana dan tidak melepaskan tembakan. Bentrokan terjadi antara warga sipil dan demonstran. Jelas bahwa ada unsur-unsur bersenjata di antara demonstran,” ujar Ali Abdullah Saleh.

Namun, saksi mata melihat gerombolan pendukung presiden di atap-atap rumah sekitar gedung universitas, melepaskan tembakan terhadap massa. Juga seorang wartawan kantor berita AFP melihat polisi menembaki para demonstran.

Tindakan pasukan keamanan hari Jumat adalah yang paling keras selama ini. Para pemimpin oposisi mengatakan, jalur apapun menuju dialog dengan pemerintah sekarang sudah tertutup. Protes anti-pemerintah juga berlangsung di kota-kota lain pada hari Jumat, termasuk Taiz dan Aden.

Yaman termasuk di antara negara di Timur Tengah yang dilanda gerakan rakyat, setelah aksi yang sama menumbangkan presiden Tunisia dan Mesir.

Sekitar 40% penduduk Yaman berpenghasilan $2 per hari dan sepertiga penduduk menghadapai kekuarangan pangan.

Presiden Saleh telah berkuasa selama 32 tahun dan menegaskan tidak akan mencalonkan diri ketika masa jabatannya berakhir pada 2013.

Ia juga menegaskan rezimnya akan mempertahankan diri hingga titik darah penghabisan. (Mel/AFP/RNW/BBC/VOA).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑