Undangan Menulis Bareng Pipiet Senja tentang Terminal 4

Bagi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Buruh Migran Indonesia (BMI), nama Terminal 4 bukanlah hal yang asing lagi. Terminal 4 ini adalah terminal khusus tempat para TKI yang baru pulang dari luar negeri. Mereka pasti tau persis tentang Terminal 4 tersebut, seperti apa keadaannya, seperti apa perlakuan oknum-oknum petugas imigrasi, dan calo-calo PJTKI terhadap BMI yang baru pulang ke tanah air.

Di tempat itu Para TKI dijadikan korban sasaran empuk oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu. Di tempat itu hampir semua TKI pernah mengalami kasus pemerasan, penipuan, dan keganasan preman terminal.

Terminal 4 tidaklah nyaman dan sangat berbahaya bagi para TKI. Untuk itu, kita semua menuntut pemerintah agar menutup terminal 4 tersebut untuk selama lamanya.

Selama ini pemerintah pura-pura tidak tahu kalau Terminal 4 itu layaknya hantu yang menakutkan bagi para TKW.

Prihatinan dengan kondisi demikian, novelis Pipiet Senja mengundang kawan-kawan BMI untuk mengikuti audisi kepenulisan dengan tema “Terminal 4 Hantu TKW Sejagat”. Kegiatan ini mengajak segenap BMI menyuarakan ketidakadilan dan ketidaknyamanan itu kedalam tulisan dan dibukukan.

Audisi ini terbuka untuk umum. TKI Hong Kong, Taiwan, Korea, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi boleh ikut. BMI yang memiliki kisah atau pengalaman tentang Terminal 4 tersebut, bisa mengungkapkannya lewat tulisan dan diikutkan dalam audisi ini. Naskah-naskah terpilih akan dibukukan, seperti Surat Berdarah Untuk Presiden yang telah mengemparkan tanah air.

Persyarataan:
1. Peserta asli Buruh Migran Indonesia (BMI Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Arab Saudi, dll.)
2. Tema tulisan harus tentang Terminal 4: “Terminal 4 Hantu TKI Sejagat”.
3. Naskah ditulis dengan Microsof Word, Times New Romans, A4, spasi 1,5.
4. Boleh kisah pribadi ataupun kisah teman, tapi dengan latar belakang si penulis.
5. Tiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah.
6. Panjang naskah antara 6-12 halaman dan naskah belum pernah dipublikasikan di mana pun.
7. Naskah bisa dikirim via email ked: Itarustts@yahoo.com. (Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
Likes (0)Dislikes(0)
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

2 Comments

  1. susi says:

    Bagus banget tema nya, dr dulu saya pingin mengutarakan uneg2 saya tentang terminal 4.

    Likes (0)Dislikes(0)
    Reply
  2. Pipiet Senja says:

    Oke, sudah lengkap, sedikit tambahan saja; DL, eeh, tenggatnya; satu bulan sajalah, ya, biar secepatnya dibukukan jadi; akhir januari 2012, okeee, anak-anak BMI Sejagaaaat!

    Likes (0)Dislikes(0)
    Reply

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea