Tokoh Muslim Italia Meninggal Dunia

Published on June 28th, 2012 by | Category: Dunia Islam


Italy Muslim leaderTokoh Muslim Italia, Mario Scialoja, meninggal dunia dan menimbulkan duka mendalam di kalangan komunitas Muslim. Saat pensiun tahun 1996, setelah menjabat duta besar Italia untuk Arab Saudi, Scialoja mengabdikan hidupnya untuk melayani minoritas Muslim di Italia.

Scialoja sangat dihormati warga Muslim dan kalangan warga Yahudi Italia karena perannya dalam mempromosikan dialog antar agama. “Seorang teman yang tulus dengan siapa kita berbagi inisiatif dialog telah meninggalkan kami,” kata Riccardo Pacifici, presiden komunitas Yahudi Roma.

“Bahkan di saat-saat ketegangan, dia (Mario Scialoja) selalu menunjukkan ia tahu bagaimana mempertahankan tingkat dialog dan rasa hormat.”

Scialoja, seorang mualaf dan mantan diplomat Italia, meninggal dunia hari Senin, 25 Juli di Roma, pada usia 82 tahun. Lahir tahun 1930, Scialoja masuk Islam tahun 1988 ketika ia menjabat deputi perwakilan tetap Italia untuk PBB.

Saat pensiun tahun 1996 setelah menjabat duta besar Italia untuk Arab Saudi, Scialoja mengabdikan hidupnya untuk melayani minoritas Muslim di Italia.

Pada 1998, Scialoja membuka cabang Muslim World League (MWL) di Roma. Dari tahun 1998 hingga 2006, ia menjabat sebagai wakil presiden MWL cabang Italia. Dia juga menjabat anggota komisi konsultatif  masalah Muslim Italia di kementerian dalam negeri.

Scialoja juga menjabat sebagai penasihat di Administrasi dari Pusat Kebudayaan Islam di Italia, satu-satunya lembaga Muslim yang diakui di negara Eropa selatan itu. Italia memiliki populasi Muslim sekitar 1,2 juta jiwa, termasuk 20.000 warga Italia asli yang masuk Islam. (Mel/Onislam.net/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , , , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑