Terbuka, Peluang TKI Formal ke Hong Kong

Published on March 7th, 2012 by | Category: Hong Kong, Indonesia


Peluang pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) formal ke Hong Kong terbuka lebar dan diminati oleh agen tenaga kerja yang selama ini hanya untuk jenis pekerjaan penata laksana rumah tangga (PLRT).

Dari hasil kunjungan delegasi BNP2TKI yang dipimpin Mohammad Jumhur Hidayat ke Departemen Tenaga Kerja Hong Kong, Rabu, diperkirakan ada sekitar 30.000 kesempatan kerja formal setahunnya di Hong Kong.

Per Januari 2012, jumlah TKI di Hong Kong sebanyak 149.324 orang atau 49,17 persen dari total tenaga kerja asing di Hong Kong. Menurut pihak Konsulat Jenderal RI di Hong Kong semuanya adalah PLRT.

Menurut Kepala Departemen Tenaga Kerja Hong Kong Cheuk Wing Hing, keterangan mengenai kesempatan kerja formal tersebut bisa dilihat di Kantor Imigrasi Hong Kong. Di situsnya, bisa dilihat jumlah, syarat dan jenis pekerjaan yang diperlukan.

Asosiasi Pengusaha Pengerah Jasa Tenaga Kerja Hong Kong – Indonesia. Jumhur menantang agen TKI untuk mengisi posisi tersebut.

Ia berharap 5.000 perusahaan pengerah tenaga kerja di Hong Kong memmberikan kesempatan kerja formal kepada TKI. Saat ini pengiriman TKI ke Hong Kong sekitar 40-50 ribu orang per tahun.

Jumhur meyakinkan para agen di Hong Kong bahwa TKI Indonesia banyak yang berkerja di sektor formal di banyak negara seperti di Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

Jumhur juga menantang agar 10 persen dari tenaga kerja yang dikirim agen adalah tenaga kerja formal. “Are you ready? (apakah Anda siap?)” kata Jumhur yang dijawab “yes” oleh puluhan agen yang hadir.

Jumhur meminta para perusahaan pengerah tenaga kerja di Hong Kong untuk tidak ragu mempekerjakan TKI formal karena mereka berkualitas, loyal, bekerja keras dan mempunyai produktivitas tinggi.

Ia mengatakan di Indonesia banyak tempat pelatihan dan lembaga pendidikan tinggi untuk tenaga kerja formal seperti untuk perhotelan.

Perusahaan pengerah tenaga kerja di Hong Kong menyambut baik keinginan tersebut.  Mereka antara lain menanyakan masalah pelatihan di Indonesia. Ada juga yang menanyakan pengurusan visa bagi tenaga formal laki-laki karena biasanya yang dikirim ke Indonesia adalah wanita. (ANTARA)

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



4 Responses to Terbuka, Peluang TKI Formal ke Hong Kong

  1. novyant0 says:

    bagaimana proses daftarnya,,,mohon info

  2. jonatan fransisco says:

    aku ingin mendaftar,,
    tapi dimana..??

  3. iwan ruswandi says:

    ya semang sudah saatnya, negara luar melihat Indonesia dengan kepala dingin., bahwa hampir semua negara di dunia sangat memerlukan tenaga Bangsa Indonesia.

  4. jeng mirae says:

    alhamdulilah.sdh saatnya Indonesia unjuk gigi,tp bkn brarti meniadakan PRT.Mg integritas bngsa smakin naik daun.amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑