Said Ramadhan, Ulama Terkemuka Suriah, Meninggal dalam Serangan Bom di Masjid

said ramadhanDDHK News, Suriah — Ulama senior Suriah, Dr. Mohammad Said Ramadhan Al Bhuti, meninggal dunia dalam serangan bunuh diri di Masjid Iman di Mazraa, Damaskus.

Televisi pemerintah Suriah melaporkan, ulama terkemuka itu tewas bersama 15 lainnya ketika seorang pengebom bunuh diri menargetkan masjid di pusat kota Damaskus, Kamis (21/3).

“Ulama senior Dr Mohammad Said al-Bhuti Ramadhan menjadi martir dalam serangan bunuh diri teroris di Masjid Iman di Mazraa di Damaskus,” kata saluran televisi Suriah.

Pihak Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan di samping Bouti, dengan puluhan lainnya terluka.

Seorang pengebom bunuh diri dilaporkan memasuki masjid dan meledakkan diri.

Said Ramadhan dalah ulama pro-rezim paling senior di Suriah. Khotbah Jumatnya sering disiarkan langsung di televisi negara.

Setelah berita tentang serangan itu pecah, salah satu stasiun televisi pemerintah langsung menghentikan program siaran reguler untuk menyiarkan ayat-ayat Al-Quran.

Syaikh Dr. Said Ramadhan al-Buthi bernama asli Muhammad Said ibn Mula Ramadhan ibn Umar al-Buthi. Ia dilahirkan di wilayah Buthan (Turki) pada tahun 1929 dari sebuah keluarga yang cerdas dan taat beragama. Ayahnya, Syekh Mula Ramadhan adalah salah seorang tokoh ulama besar di Turki, termasuk di Syam (Suriah).

Sesaat setelah peristiwa kudeta yang dilancarkan oleh Kemal Attatruk, ia pindah ke Suriah bersama ayahnya. Said kecil saat itu baru berusia empat tahun.

Said menempuh studi dengan spesialisasi ilmu Syariah hingga memperoleh Ijazah Licence. Pendidikan masternya ia tempuh di Fakultas Bahasa Arab. Pada tahun 1965, Said Ramadhan menyelesaikan program Doktornya di Universitas Al-Azhar dengan predikat Mumtaz Syaf ‘Ula dalam usia 36 tahun. (mel/thenews.com.pk/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
Likes (0)Dislikes(0)
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea