Perang Berkobar di Filipina Selatan, Ribuan Warga Muslim Mengungsi

Published on October 26th, 2011 by | Category: Dunia Islam


Sekitar 10.000 orang mengungsi akibat pertempuran antara gerilyawan Muslim dan pasukan pemerintah di Filipina selatan yang dihuni mayoritas warga Muslim. Seorang pejabat pertahanan sipil seperti dikutip AFP mengatakan, penduduk yang mengungsi itu berasal dari Payao, Alicia, dan Talusan di pulau Mindanao yang menjadi basis konflik puluhan tahun gerilyawan Muslim.

Pemerintah mengatakan, pertempuran dan pengungsian adalah akibat dari operasi militer terhadap “unsur-unsur jahat” yang melakukan penculikan dan serangan gerilyawan Muslim.

Penduduk mengungsi bersama keluarga mereka segera sebelum pasukan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) memasuki kota sehingga mencegah timbulnya korban sipil.

MILF menduduki sekolah-sekolah di daerah-daerah terpencil Mindanao akhir pekan lalu yang memicu militer melancarkan serangan udara dan darat sehingga menewaskan dua tentara dan enam pria bersenjata.

Seorang pejabat Filipina Benito Ramos mengatakan, hampir 6.000 warga Al-Barka dan Basilan telah meninggalkan rumah mereka. Di Zamboanga Sibugay, lebih dari 10.000 warga juga melarikan diri dari setidaknya tiga kota termasuk Payao.

Kepala kepolisian Zamboanga Sibugay Ruben Cariaga mengatakan pesawat tempur menggempur Payao Selasa ini (25/10).

Militer Filipina menyatakan telah melancarkan serangan udara selama dua hari berturut-turut terhadap kelompok Front Pembebasan Islam Moro, MILF.

Juru bicara MILF mengatakan, pihaknya meminta militer menghentikan operasi militer ke Payao dengan alasan para penjahat yang dicari pihak berwenang bukan anggota kelompoknya. Juru bicara itu juga menegaskan orang-orang yang dicari tidak berada di daerah yang sekarang digempur militer. (AFP/BBC).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑