Pengajian Mecca Nusantara: Ibadah Harus Didasari Ilmu

Published on December 12th, 2011 by | Category: Hong Kong


Semua ibadah harus didasari dengan ilmu serta dilandasi Al-Qur’an dan hadist, bukan atas dasar pendapat manusia karena manusia itu bisa saja salah. Demikian dikatakan Ustadz Drs. H. Ade Chalifah dari Jakarta dalam pengajian akbar yang digelar organisasi muslimah BMI Hong Kong, Mecca Nusantara (MN), Ahad (11/12), di Sea View Commercial Building Sheung Wan HK.

Mengusung tema “Mengasah Potensi Diri dengan Ahlakul Kharimah Menuju Baitullah”, pengajian dimulai sejak jam 10 pagi hingga sore hari, dihadiri ratusan BMI HK, wartawan, tamu undangan, serta perwakilan KJRI HK, Hari Budianto.

Pengajian diisi oleh penampilan dari organisasi BMI pendukung dengan sholawat, kasidah modern, dan rebana, lalu sambutan dari tamu undangan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Muh. Hayatudin Attaly.

“Setiap muslim dan muslimat berhak untuk menginjakan kaki ke Baitullah, menunaikan ibadah haji. Ya Robbi… panggilah kami untuk menyempurnakan rukun Islam kami, labaikallah huma labaiik …!” ujar Ustadz Attaly sembari mempimpin jamaah melantunkan tarbiyah.

Selanjutnya acara pengguntingan pita milad MN yang pertama, diwakili oleh Hari Budianto, tamu undangan, sponsor, serta staf MN, lalu masuk ke acara inti pertama, yaitu materi tentang umroh, dari Ustadz Ade.

Dijelaskanya, jika kita memiliki uang cukup untuk beribadah haji/umroh, namun kita juga memiliki kepentingan lain, misalnya ingin merehab rumah atau membeli mobil, maka gunakan uang tersebut untuk ibadah haji/umroh dulu, karena Allah telah berjanji akan mengganti dengan rezeki yang lebih melimpah jika kita memdahulukan perintah-Nya.

“Saya berpesan agar BMI HK yang aktif berorganisasi, tidak hanya melakukan pengajian internal, tetapi juga mencoba melakukan terobosan rekrutmen pada kawan BMI yang nampak masih banyak yang salah arah. Bila perlu, lakukan nasihat dab teguran yang tegas. Intinya, berorganisasi bukan alasan untuk membuat sekat di antara BMI, namun sebaliknya,” ujar Ust. Ade kepada DDHK News saat break Sholat Dhuhur. (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , , , , , , , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑