Pengajian FKMPU: Persiapkan Ramadhan dengan Baik!

ramadhan ddhkDDHK News, Hong Kong — Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, seorang muslim perlu mempersiapkan diri dengan baik agar ibadahnya benar – benar optimal, seakan-akan Ramadhan ini menjadi ibadah terakhir kita.

Demikan disampaikan Ustadz Herman Budianto (Corps Da’i Dompet Dhuafa) dalam acara pengajian akbar Forum Komunikasi Mukminat Peduli Umat (FKMPU) BMI Hong Kong, Ahad (2/6) di Dance Cafe, Shueng Wan, dengan tema “Andaikan Ramadhan Ini Ibadah Terakhir Kita “.

Menurut Ust. Herman, dalam menyambut Ramadhan seorang muslim perlu tiga persiapan, yaitu persiapan ruhani, jasmani, materi, dan ilmu.

“Bahkan seorang ulama dulu, enam bulan sebelum Ramadhan telah mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan agar benar – benar mencintai Ramadhan dan optimal ibadahnya,” katanya.

Dijelaskannya, persiapan ruhani yaitu kita benar – benar menyiapkan hati untuk Ramadhan. “Ada rasa tumbuh cinta kepada Allah, ada rasa mahabhah, juga ada rasa khouf (takut) dan roja’ (harapan) semoga dalam Ramadhan itu Allah benar-benar mengampuni dosa-dosanya,” tuturnya.

Persiapan jasmani atau persiapan secara fisik dimulai dari sekarang, yaitu bagaimana agar fisik kita sehat dan terjaga sehingga ketika Ramadhan menjadi sehat agar bisa berpuasa dengan sebaik-baiknya.

Persiapan materi atau harta bukan berarti harus mempersiapkan uang banyak untuk beli makanan yang banyak dan beli baju-baju bagus. Kita diharapkan pada waktu Ramadhan lebih dermawan, seperti halnya Rasulullah yang lebih banyak sedekah.

Persiapan ilmu sangat penting ketika Ramadhan karena kita wajib memahami hukum-hukum tentang Ramadhan, syarat-syaratnya, rukun-rukunnya, sehingga kita tidak salah dalam menjalankan ibadah Ramadhan nanti.

“Apa yang membatalkan, apa yang menyebabkan puasa kita bisa diterima dengan optimal. Jangan sampai kita sekadar haus dan lapar, tetapi benar-benar mendapatkan puncak ibadah puasa tersebut,” paparnya.

Puasa akan optimal ketika seseorang bersemangat ketika bertemu dengan Ramadhan karena sangat mencintai Ramadhan. Itu tanda-tandanya dia akan mendapat kebaikan. (Amy Utamy/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

One Comment

  1. Ramadhan kali ini hrs lbh baik dr sebelumnya, Amiiiiiiiiiiiiiin

    Reply

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea