Menikmati Arti Syukur

Published on January 27th, 2013 by | Category: BMI Menulis


Suatu pagi saya bertemu  dengan seorang nenek pemulung. Pertama kali bertemu dengannya Agustus lalu. Saya menuliskannya di http://www.ddhongkong.org/ dengan judul “Bersyukur  dan Berbagi”.

Pagi itu saya dipertemukan kembali dengannya. Memang beberapa hari ini saya melihat ia beristirahat di bawah building tempat saya bekerja. Entah mengapa hari itu saya terdorong untuk menyapa sang nenek.

Wajahnya  keriput dan di ujung kedua matanya kotor, baju seadanya, dan terlihar lusuh. Awalnya saya hanya menyapa, namun setelah saya melihat dari dekat melihat secara fisik, bagaimana tubuh rentanya mendorong sebuah gerobak yang berisikan koran dan kardus-kardus bekas, ternyata untuk makan nenek ini harus menunggu dari hasil penjualan barang-barang yang telah ia kumpulkn seharian.

Tergerak pula diri ini untuk memberikan sebagian dari yang saya miliki dan bawa saat itu. Di saat saya memberikan sedikit rezeki ke tangannya, di saat itulah saya menangis merasakan tangan kecil yang telah keriput, bahkan terasa dingin, padahal ia telah berpakaian tebal. Nenek itu bahkan sempat menolak pemberian saya dan berkata, “Kasih saja roti atau apa yang saya bisa makan, jangan kasih saya uang,” katanya.

Saya melihat matanya basah dengan air mata. Saya hanya dapat berkata, “Gunakan saja uang ini untuk membeli makanan agar nenek kuat berkeliling mencari tambahan dan mendorong gerobak ini.“ Air mata ini pun tak terbendung dan segera pergi meninggalkan nenek tersebut. Terdengar suara nenek berterima kasih, namun aku tetap berjalan dan sesekali menoleh tersenyum kepadanya.

Aku sering mengeluh dalam rezeki, pekerjaan, dan  sebagainya, namun ingatkah aku pada semua yang telah Allah karuniakan kepadaku? Nafas, kesehatan, keluarga, dan masih banyak hal lagi yang tak terhitung nilainya. (Yuni Winarsih/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑