Kelompok Ekstremis Boko Haram Kacaukan Nigeria

Published on July 13th, 2011 by | Category: Dunia Islam


Serangan kelompok ekstremis Boko Haram mengacaukan situasi di Negeria. Ribuan warga Maiduguri mengungsi karena takut serangan kelompok yang mengaku anti-model pendidikan Barat itu.

Kantor berita Reuters  dan BBC seperti dikutip OnIslam.net (13/7) memberitakan, dengan menggunakan truk, ribuan warga meninggalkan kota setelah serangkaian serangan kelompok yang mengharamkan semua hal berbau Barat tersebut.

Lebih dari 150 orang tewas tahun ini dalam serangan yang dilakukan oleh Boko Haram di Maiduguri. Kelompok ini mengancam akan menyerang bar dan stasiun polisi. Serangan-serangan Boko Haram selama ini telah memaksa universitas utama di negara bagian itu tutup.

Sabtu lalu, 11 anggota Boko Haram tewas dan dua tentara terluka dalam bentrokan di dua lokasi.

Haram Boko mengatakan, pihaknya menginginkan penerapan syariat Islam yang lebih luas di negara Afrika yang paling padat penduduknya itu.

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan, menyatakan siap berdialog dengan Boko Haram, tetapi kelompok ekstremis itu mengatakan hanya akan berunding jika tuntutan mereka, termasuk pengunduran diri pemerintah negara bagian Borno, dipenuhi.

Boko Haram telah menyerang kantor-kantor polisi dan gedung-gedung pemerintah di empat negara bagian berpenduduk mayoritas Muslim di utara Nigeria. Kelompok ini didirikan tahun 2002 di Maiduguri, ibu koya negara bagian Borno.

Pendirinya, Mohammed Yusuf, tewas dalam bentrok dengan tentara tahun 2009. Anggotanya banyak mantan dosen, mahasiswa, dan pengangguran. Para anggotanya shalat di masjid yang terpisah dan tidak bergaul dengan masyarakat sekitar. Mereka memelihara jenggot panjang dan memakai penutup kepala merah atau hitam.

Sejak kemunculannya, Boko Haram menyerukan penerapan Syariah Islam di 36 negara bagian Nigeria dan menolak semua hal berbau Barat. Boko Haram sendiri artinya “pendidikan Barat itu dosa” (Western education is sinful) dalam bahasa Hausa, bahasa sehari-hari warga Nigeria utara. (Mel/OnIslam/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



One Response to Kelompok Ekstremis Boko Haram Kacaukan Nigeria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑