Ippho Santosa: Allah Selalu Ontime!

Published on August 15th, 2011 by | Category: Hong Kong


Allah tak pernah telat dan terburu-buru. Dia selalu ontime, Mahatahu kapan kita pantas untuk menerima kebaikan, jadi jika diterpa kesulitan apa pun, berusahalah instropeksi diri. Pasti ada yang salah dengan kita sehingga diberikan teguran, karena semua hal yang baik itu datang dari-Nya, dan hal yang buruk pasti dari kita.

Demikian dikemukakan Ippho Santosa, pakar otak kanan dan penulis buku bestseller Tujuh Keajaiban Rezeki, dalam acara seminar yang diadakan Lentera Sukses Organisasi (LSO), Bank Mandiri Cabang Hong Kong, dan didukung oleh Dompet Dhuafa HongKong (DDHK), di Dance Cafe, Fortess Hill, HK, Minggu (14/8).

Acara yang diikuti lebih dari 600 Buruh Migrant Indonesia (BMI) di Hong Kong itu dibagi kedalam dua sesi. Pertama, diisi dengan tanya jawab peserta yang memadati ruangan seminar, bahkan banyak yang harus berdidri karena tak dapat tempat duduk. Kedua, setelah shalat Dzuhur hingga pukul 6 sore.

“Allah akan mengabulkan do’a seorang hamba.Hanya jika hamba tersebut tidak bertanya kapan doanya dikabulkan. Intinya, tugas kita itu berusaha melakukan yang terbaik, action apa yang kita bisa, selebihnya biar Allah yang mencukupi,” lanjutnya.

Selain memberikan penjelasan tentang kinerja otak kanan secara general, mencakup fleksible, imajinatif, kreatif, intuitif, empasis, dan spontan, Ippho juga membahas banyak tentang bagaimana menjadi kaya di balut konteks Islam yang sangat menarik, seperti tausiah modern. Memukau peserta, diselingi game yang mengolah kejiwaan, interaksi, dan pontan.

Dia juga menjelaskan bagaimana menjadi pengusaha sukses, ternyata bukan dari sisi pandang modal semata, melainkan bagaiman memanfaatkan peluang, tidak usah urut menunggu segala sesuatunya ada baru memulai usaha.

“Satu-satunya profesi yang harus urut, hanya tukang urut. Jika bukan, tentu tidak perlu urut, lakukan dari hal yang kita bisa. Amati, Tiru, Modifikasi (ATM),” katanya.

“Coba bayangkan jika Bung Karno dan Bung Hatta menggunakan otak kiri saat itu? Mungkin hingga saat ini kita belum merdeka. Mereka hanya mengatakan Merdeka! Meski sistem dan keadaan Indonesia belum stabil dan sempurna, kemudian timbul tanya bagaimana kita bisa merdeka jika situasi masih belum sempurna? Mereka menjawab, hal itu akan diatur dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Begitupun dalam dunia usaha.”

Dalam penjelasan mengenai tujuh keajaiban rezeki, Ippho menerangkan tentang teori sepasang bidadari (orang tua/suami). Dalam melakukan usaha, betapa pentingnya niat dan do’a yang sejalan dari orang tua karena ridho orang tua adalah ridho Allah.Diiringi alunan Short Story dari awal kita umur satu tahun, bagaimana kasih sayang orang tua yang amat besar.

Peserta mendengarkan sambil menutup mata, terbawa haru, hingga seluruh ruangan penuh isak tangis rasa bersalah, sesal atas perlakuan pada orang tua yang amat berjasa.

“Saya sekarang memberikan training di HK, juga diniatkan bakti saya pada ayah saya yg telah mengajarkan untuk berbagi, semoga ini menjadi amal baiknya, amin,” ujar Ippho diiringi isakan.

Terakhir Ippho menjelaskan, sedekah merupakan bagian dari sembilan perisai langit. “Allah akan membalas setiap sedekah seorang hamba, bahkan dijamin, ditulis berkali-kali dalam Al-Qu’an. Lebih pasti ketimbang terbitnya mentari di ufuk timur,” pungkasnya.

Acara seminar ini diakhiri dengan pengumpulan sedekah dari para peserta di lantai podium dan terhimpun dana lebih dari HKD 500 ribu, plus  cincin dan barang berharga lain. (Anita Sri Rahayu/Hong Kong).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , , , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑