Indonesia Jadi Tuan Rumah MTQ Internasional

Published on August 15th, 2013 by | Category: Indonesia


MTQIndonesia akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawaqatil Quran (MTQ) Internasional yang akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, 11-15 September 2013.

“MTQ Internasional ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” katanya di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (15/8).

Perhelatan internasional itu akan diikuti 20 negara, antara lain Maroko, Brunei Darussalam, Malaysia, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Sudan, Mesir, Singapura, Aljazair, Pakistan ,India, Jerman, Prancis, Kuwait, dan Indonesia.

MTQ Internasional ini merupakan ajang kedua dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah MTQ Internasional pada tahun 2003.

“MTQ Internasional ini mengambil tema ‘MTQ Internasional Jembatan Ukhuwah dan Kerja Sama Dunia Islam untuk Persahabatan, Perdamaian, dan Kerja Sama Antar-Bangsa,” katanya didampingi Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil.

Di sela-sela pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung untuk membahas STQ di Bangka Belitung, Menag berharap MTQ Internasional bisa menjadi wahana silaturahmi anak bangsa untuk memberi resonansi sosial terhadap persatuan dan kesatuan bangsa serta persahabatan antarbangsa.

Rencananya, MTQ Internasional akan melombakan dua cabang, yaitu menghafal Al Quran dan lomba membaca (tartil) Al Quran beserta tajwidnya.

“Saat ini, tidak kurang 25 even internasional yang mengundang Indonesia untuk hadir dan mengirimkan utusan qari dan qariahnya, mulai dari tahfidzul quran hingga Musabaqah Tilawatil Quran,” katanya.

Ia menambahkan qari dan qariah Indonesia selalu meraih prestasi terbaik dan menjadi juara. “Karenanya qari dan qariah Indonesia diperhitungkan di luar negeri,” kata Menag. (ANTARA).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑