Hukum Menghitung Hari Baik Hari Buruk untuk Nikah

Aslm. Pa Ustad bgmn hukumnya “mnghitung” hari baik dlaksanakannya suatu pernikahan?? 02292641XXX

JAWAB: Islam tidak mengajarkan hal demikian. Dalam Islam, perbuatan itu termasuk tahayul, mistik, meramal nasib (tenung, ramalan), dan dilarang. Dalam Islam, seluruh hari itu baik. Tidak ada istilah hari baik atau buruk, hari naas atau hari keberuntungan. Semua tergantung amal saleh dan rahmat Allah Swt.

Menghitung hari baik-buruk untuk nikah dsb. bukan berasal dari Islam, tapi dari ajaran, adat, kepercayaan, keyakinan, atau tradisi di luar Islam. Adanya kaum yang mengikuti ”tradisi leluhur” yang salah, ditegaskan oleh Allah Swt ketika mengingatkan kaum kafir Quraisy:

”Dan bila dikatakan kepada mereka: “Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah”, mereka menjawab: “tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari nenek moyang kami”, walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apa pun dan tidak mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah:170).

Imam Syafi’i berkata, “Orang Arab jahiliyah dahulu ketika ditimpa suatu musibah, kesusahan, dan bencana, mereka mengatakan ‘alangkah jahatnya masa’, mereka mengalamatkan pelakunya adalah masa, lalu mereka mencelanya, sedangkan yang menjalankan masa itu adalah Allah Ta’ala, maka seakan-akan mereka mencela Allah” (Tafsir Ibnu Katsir).

“Kunci perkara ghaib itu ada lima, tidak ada seorangpun yang mengetahuinya melainkan Allah Ta’ala : ‘Tidak ada seorangpun yang mengetahui apa yang akan terjadi esok selain Allah Ta’ala, dan tidak ada seorangpun mengetahui apa yang didalam kandungan selain Allah Ta’ala, dan tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah Ta’ala, dan tidak ada seorangpun yang mengetahui dibumi mana dia akan mati selain Allah Ta’ala, dan tidak seorangpun mengetahui kapan hujan akan turun kecuali Allah Ta’ala”. (HR. Imam Bukhari dan Imam Ahmad dari Ibnu Umar). Wallahu a’lam.*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea