Hong Kong Jadi Pusat Keuangan Terbesar Dunia

Hong Kong telah bergabung dengan London dan New York di antara pusat keuangan terkemuka dunia, dengan kota-kota Asia lainnya, termasuk Shanghai dan Seoul yang peringkatnya juga bergerak naik, sebuah survei mengatakan, Senin (20/9/2010).

Hong Kong berada di peringkat ketiga di belakang New York dan London di tempat pertama dalam Indeks Pusat Keuangan Global (Global Financial Centres Index) yang memeringkat 75 pusat keuangan basis survei profesional dan kriteria, termasuk lingkungan usaha, akses pasar, dan infrastruktur.

“Masih ada ada perbedaan yang signifikan antara London dan New York (dalam rating). Responden tetap percaya bahwa pusat-pusat bekerja sama untuk saling menguntungkan,” menurut laporan dua tahunan yang diproduksi oleh Think Tank Z/Yen Group yang berbasis di London.

“Hong Kong telah bergabung dengan London dan New York sebagai pusat keuangan global. Singapura mungkin bergabung dengan trio ini segera.”

Singapura menempati peringkat keempat dalam 10 teratas diikuti oleh Tokyo, Shanghai, Chicago, Zurich, Jenewa, dan Sydney.

“Pusat-pusat keempat teratas mengontrol sebagian besar transaksi keuangan (lebih dari 70 persen dari perdagangan ekuitas) … (dan) kemungkinan pusat-pusat keuangan untuk tetap kuat di masa mendatang,” kata laporan itu.

Menurut laporan tersebut, Asia terus menunjukkan peningkatan daya saing dengan memecahkan Shanghai ke dalam 10 besar dan Seoul menembus 25 teratas.

Responden mengatakan, lima pusat keuangan akan menjadi lebih signifikan dalam beberapa tahun ke depan adalah kota industri China selatan Shenzhen, Shanghai, Singapura, Seoul, dan Beijing.

Berdasarkan laporan, pusat-pusat keuangan lepas pantai seperti Cayman Islands, Malta, dan Dubai yang sarat utang telah kandas sejak krisis keuangan global. Survei itu melibatkan 1.876 profesional dalam industri keuangan. (Afp/Antara/Kompas).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
Likes (0)Dislikes(0)
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea