Heni Tega Menjualku ke Laki-Laki Hidung Belang

Published on September 25th, 2012 by | Category: Romantika BMI


SEBUT saja namaku Mawar (bukan nama sebenarnya), 22 tahun, Buruh Migran Indonesia di Hong Kong (BMI HK) asal Blitar, Jawa Timur. Aku berangkat ke Hong Kong melalui PT. Pasuruan, Surabaya, tanggal 5 Januari 2012.

Melalui agen Overseas, aku mendapatkan majikan yang tinggal di Heng Fa Chun, Hong Kong Island. Aku bekerja di sana hanya satu bulan karena majikan menginterminitku dengan alasan tidak bisa kerja. Katanya sich kerjaku lamban, tidak bisa bahasa, dan lain-lain.

Setelah kembali ke agen, aku dimintai duit oleh agen untuk membayar potongan sebesar HKD 6000, namun aku tidak punya uang sepeser pun, apalagi uang interminitan dan tiket pesawat itu oleh majikan dikasihkan ke agen.

Aku bingung ketika agen meminta uang sebanyak itu dan aku hanya bisa menurut saja ketika Overseas menyuruhku ke Macau untuk dicarikan majikan lagi. Setelah dua bulan di Bording House agen, aku tidak betah dan kabur.

Hampir satu bulan aku hidup jadi gelandangan di Macau. Ketika hidup “di luaran” itu aku ditolong oleh seorang BMI di Macau dan disuruh menginap di apartementnya.

Perempuan yang menolongku itu bernama Heni, orang Jawa Timur juga, dan dia juga awalnya sangat baik karena memberikan izin tinggal di tempatnya untuk sekedar numpang tidur. Dia juga memberiku makanan. Aku tak menyangka kebaikannya itu ada maksud lain. Ternyata Heni tega menjualku ke laki-laki hidung belang!

Kronologis kejadiannya, seingatku, waktu itu Heni berpesan jika ia di rumah maka aku harus mengunci diri di kamar dan tidak boleh keluar. Jika dia tidak ada di rumah, maka aku bebas keluar-masuk rumahnya. Lalu tanpa banyak pikir, aku menurut saja apa yang dia katakan, apalagi dia itu telah berbaik hati menolongku.

Setelah beberapa hari tinggal di rumah Heni, aku baik-baik saja dan aku juga merasa aman. Tapi entahlah, pada hari kelima, aku sangat kaget karena tiba-tiba saja ada laki-laki yang berkebangsaan Bangladesh atau Nepal masuk ke kamarku. Pintu langsung dikunci olehnya.

Aku sempat berontak ketika orang itu mendekatiku dan hendak berbuat tak senonoh. Tapi ketika aku menolak itulah aku langsung dipukul dengan sangat kerasnya dan aku pun kesakitan.

Aku sangat syok dan kecewa sekali setelah kejadian itu. Apalagi Heni memberiku uang sebesar 600 patacas seraya berkata kejadian itu merupakan kesengajaan darinya. Ia tega menjualku dengan alasan sebagai ganti biaya hidup selama aku tinggal bersamanya.

Kejadian itu terjadi hingga dua kali akibat ketidakmampuanku harus bagaimana melawan dan menghadapinya. Aku lemah dan tak berdaya.

Aku jijik, aku muak dengan kejadian itu, akibat ulah Heni. Aku putuskan untuk kabur melalui jendela. Aku lompat dari jendela dan alhamdulilah di bawah building sudah ada polisi. Polisi itu langsung menolongku dan kuceritakan semuanya kejadian yang kualami. Polisi Macau itu langsung naik ke building yang Heni tempati. Polisi itu pun langsung menangkapnya.

Setelah ditangkap dan diintrogasi oleh polisi, identitas Heni terungkap. Ternyata ia sudah overstay di Macau selama bertahun-tahun. Setelah terbukti melanggar hukum di Macau, Heni dijatuhi kurungan penjara entah berapa bulan, lalu aku sendiri pun sempat menginap di sel selama sehari semalam. Aku dibebaskan karena aku tidak bersalah dan aku langsung menghubungi temanku untuk minta bantuan.

Berdasarkan informasi yang kudapat dari temanku itu, aku langsung mendaftar di salah satu agen untuk membantuku mencari majikan di Hong Kong. Selama kurang lebih tiga bulan, aku berada di Bording House Agen JL Yuen Long itu dan mendapat majikan. Namun, ketika visa turun, aku langsung di Medical dan hasil medical itu menyatakan aku positif hamil!

Mengetahui perihal kehamilanku, agen marah besar dan mengatakan bahwa mereka telah cancel majikanku. Agen memaki-makiku dan aku dimintanya untuk membayar ganti rugi ke PJTKI sebesar Rp 4 juta.  Semua barangku disita olehnya, termasuk buku telepon dan HP. Mereka sangat kasar. Ketika marah-marah itulah dia melempar HP ke arah mukaku, namun tidak kena dan HP itu hancur.

Tanpa sepengetahuanku agen menelepon keluargaku di kampung halaman. Agen menelepon kepada suamiku dan ke bapakku untuk minta tebusan. Aku bingung menghadapi agen yang meminta keluargaku untuk meyiapkan uang tebusan ke PT karena mereka terus menekan dan selalu menyuruhku untuk menayakan perihal uang tebusan tersebut ke orang tuaku.

Aku tidak ingin merepotkan orang tua dan aku terpaksa bohong ke agen kalau keluargaku sedang siapkan uang tebusan tersebut.

Setelah dikasih uang HKD 100 oleh teman dan diberi nomer telepon salah satu volunteer Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), aku kabur ketika menemani salah satu staf  Agen ke salon dan main kartu. Atas saran dari teman, aku langsung meminta bantuan ke DDHK. (Seperti dikisahkan kepada Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: , ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



4 Responses to Heni Tega Menjualku ke Laki-Laki Hidung Belang

  1. eva says:

    minta ftne heni pliss jawa timur e mana ya….

  2. andri yuliastuti says:

    Astagfirulloh…. Turut prihatin dengan kejadian ini semoga mbak mawar di beri ketabahan dalam menjalani ini semua dan semoga ALLOH SWT memberi kemudahan dalam segala urusan mbak mawar sehingga mbak mawar dapat segera berkumpul dengan keluarga tercinta,,, aamiin,, untuk mbak heni semoga ALLOH SWT mengampuni dosanya dan segera mendapat kan hidayahNYA,,
    pesan saya untuk kawan2 BMI jangan gampang percaya dengan orang lain apalagi yg baru anda kenal dan baik2lah menjaga diri di negri orang kumpuli majelis2 agama yg membawa kebaikan dan bermanfaat bagi kita semua InsyaALLOH anda tidak akan saah jalan jika anda bisa membawa diri anda dengan baik,,,,,

  3. sri endangsih says:

    Astagfirlohhalladzim,….subhnallah………..sabar mbk” mawar, msh ada hr esok…MATAHARI PASTI BERSINAR….[utk Tati,..good jobs & good writting newz], go on dear………..smga berita ini bermanfaat buat saudara2 kt….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑