Demo Anti-Israel Guncang Mesir

Ribuan warga Mesir berunjuk rasa di luar kedutaan besar Israel di Kairo guna memrotes tewasnya lima polisi Mesir akibat serangan militer zionis. Seorang demonstran memanjat gedung, menurunkan bendera Israel, dan menggantikannya dengan bendera Mesir.

Israel sebelumnya menyatakan “penyesalan” atas kejadian hari Kamis di perbatasan Israel-Mesir, ketika pasukan Israel mengejar sekelompok orang yang diduga pejuang Palestina yang menembakkan roket ke Israel.

Israel kemudian melakukan serangkaian udara ke Jalur Gaza, menewaskan 15 orang. Milisi Palestina menembakkan lebih 20 roket ke Israel sejak Kamis.

Di kota Alexandria, sekelompok demonstran menyerukan pengusiran Duta Besar Israel dan penghentian ekspor gas Mesir ke Israel. Sekitar 150 anggota Jamaah Islamiyah berkumpul di MahatetĀ al-Rammel setelah shalat Tarawih dan berjalan ke “Prasasti Prajurit yang Tak Dikenal.

Mereka menyerukan jihad melawan Israel dan mengangkat spanduk bertuliskan, “Rakyat ingin menendang keluar Duta Besar Israel”, “Rakyat ingin ekspor gas ke Israel dihentikan,” dan “Buka pintu untuk jihad ke Yerusalem dan kami akan menjadi martir dalam jutaan orang.”

Walid Abdul Latif, salah seorang anggota Jamaah Islamiyah mengatakan, “Ketika Angkatan Udara Israel membunuh anak-anak kita, kita seharusnya tidak lagi berdiri menonton atau memasok mereka dengan gas yang mereka gunakan untuk membunuh rakyat kita sendiri.”

Ia juga menambahkan, Mesir harus memutuskan hubungan dengan Israel dan mengusir duta besarnya.

Kelompok Islam terkuat di Mesir, Ikhwanul Muslimin, juga menyerukan pengusiran Dubes Israel dan meminta perjanjian damai antara kedua negara dirundingkan kembali.

Ikhwan menggarisbawahi, Mesir sudah berbeda setelah revolusi dan kejahatan Israel tersebut tidak akan lolos tanpa konsekuensi karena Mesir sudah tidak di bawah rezim sebelumnya.

Kelompok ini juga meminta dewan militer untuk menyerahkan kekuasaan segera ke sipil sehingga dapat fokus pada peran aslinya mengamankan bangsa.(Mel/BBC/Alahram/ddhongkong.org).*

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tentang DDHK

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya

Leave a Comment

Web Developed by Romeltea