Objek Wisata & Taman Terbuka

Pariwisata adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong dengan 21,81 juta orang turis di tahun 2004. Selama Januari sampai April 2005, jumlah turis terus meningkat sebesar 11,1% dan mencapai 7,41 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat setelah dibukanya Hong Kong Disneyland Resort pada bulan September 2005.

Beberapa lokasi dan daerah yang menjadi tujuan wisata antara lain

Kowloon

  • Tsim Sha Tsui
    • Avenue of Stars
    • Star Ferry

Hong Kong

  • Victoria Peak
  • Victoria Harbour
    • Pertunjukan Symphony of Lights
  • Aberdeen
    • Ocean Park
  • Menara Bank of China
  • Hong Kong Convention and Exhibition Centre

Lantau

  • Po Lin Monastery
    • Tian Tan Buddha
  • Tai O
  • Hong Kong Disneyland Resort
    • Hong Kong Disneyland
  • Jembatan Tsing Ma
  • Jembatan Ting Kau

IKON HONG KONG

Disney Land Hong Kong di Penny’s Bay, Lantau Island.

Cable Car atau “kereta gantung” — membentang sepanjang 5,7 km, menghubungkan Tung Chung dan Ngong Ping.

 

Ngong Ping Village — objek wisata Giant Buddha, patung Budha. Untuk mencapai Giant Buddha kita harus menapaki 268 anak tangga.

Giant Buddha (Tian Tan Buddha) merupakan patung Buddha raksasa yang terbuat dari perunggu seberat 250 ton dengan tinggi 34 meter dan resmi dibuka sejak tahun 1993.

Po Lin Monastery — salah satu biara legendaris di Hong Kong. Di pelataran biara ini banyak umat budha yang sedang melakukan ritual ibadah, menghadap Giant Buddha.

Victoria Peak — sebuah gunung dengan ketinggian 552 meter, tertinggi di HK, dicapai dengan Peak Tram, sebuah kereta yang dibuat dan mengalami perbaikan sejak 1888. Dari dalam tram nikmati pemandangan pulau Hong Kong.

Peak Tower — sebuah menara di Victoria Peak yang juga menjadi pemberhentian paling atas Peak Tram.

Madame Tussaud’s – museum patung lilin berbagai tokoh kenamaan dunia.

Sky Terrace (TerasLangit) — memandang panorama HK yang gemerlap.

Symponyof Light — spectacular multimedia display yang sudah dikenal sebagai “World’s Largest Permanent Light and Sound Show” oleh Guinness World Records. Dinikmati di Terminal Star Ferry Tsim Sha Tsui.

Mong Kok – tempat wisata belanja murah-meriah.

Victoria Park – “alun-alun” Hong Kong Island. Tempat kumpul para perantau Indonesia (Buruh Migran Indonesia) yang menikmati hari libur dengan beragam aktivitas, mulai pengajian hingga “free dance” dan sekadar duduk-duduk “ngerumpi” dan “bancakan”.*

Taman-Taman dan Ruang Terbuka

Hong Kong memiliki banyak kawasan hijau di dalam kota sehingga anda bisa
menikmatinya dengan berjalan-jalan di alam terbuka untuk bertemu teman-
teman atau sekedar lari dari kesibukan sejenak.

Salah satu tempat yang sangat disukai oleh penduduk lokal adalah Hong Kong Zoological & Botanical Gardens. Berlokasi di daerah Central, tempat ini adalah rumah bagi berbagai ragam burung dan satwa liar.  Beberapa atraksi menarik seperti orang utan, burung flaminggo yang berwarna pink dan burung bangau warna merah bisa dinikmati disini.  Kebun binatang buka dari jam 6 a.m. sampai 7 p.m. setiap hari, sementara bagian lainnya dari taman tersebut buka dari jam 6 a.m. sampai 10 p.m. setiap hari.  Tidak ada bayaran untuk masuk ketempat ini.

Hong Kong Park adalah sebuah oasis lainnya di kawasan Central.  Selain
pemandangan yang indah disini juga tersedia taman bermain bagi anak-banak, air mancur, dan rumah kaca, disini juga bisa anda temukan sangkar burung besar yang terdapat lebih dari 600 ekor burung dari 95 jenis dan disini juga ada tempat olah raga yang sangat terkenal dan squash centre di Hong Kong.

Victoria Park di Causeway Bay akan menyambut anda untuk keluar sejenak dari kesibukan kota Hong Kong yang kadang-kadang menimbulkan ketegangan. Banyak orang yang datang secara rutin kesini untuk berolah raga dan berlatih bela diri; sementara yang lainnya ada yang datang untuk menikmati suasana tenang di antara pepohonan dan taman.  Fasilitas olah raga seperti langan tenis, kolam renang, lapangan olah raga dengan lantai keras, dan tempat lari pagi tersedia di sini.

Kowloon Park di Tsim Sha Tsui menawarkan, daerah dengan hijau pepohonan, sebuah danau kecil, beserta burung dan unggas, sejumlah taman dan tempat berjalan-jalan termasuk sebuah taman dengan gaya tradisional Cina, dan sebuah patung seni modern.  Di sini juga tersedia kompleks olah raga yang terkenal dengan kolam renang air panas tertutup dan pusat olah raga di Hong Kong.

Di New Territories, Tsing Yi Park menyediakan fasilitas rekreasi pasif dan
aktif sekaligus.  Hanya berjalan kira-kira lima menit dari stasiun MTR Tsing
Yi.  Hiasan di danau buatan dan air terjun dengan konsep barat memberikan
pengunjung rasa tenang dan nyaman.

Berbagai kekhasan dari Tuen Mun Park termasuk danau buatan, sebuah jeram, dan panggung air dan rumah reptil tersedia disini.  Lokasinya di Tuen Mun Centre, Tempat ini sangat spesial untuk menghabiskan waktu berekreasi dan menikmati alam terbuka.

Daya tarik utama Yuen Long Park adalah sebuah taman unggas berbentuk
seperti pagoda.  Pagoda ini dikelilingi oleh taman kecil, sebuah danau, jembatan, jeram, air terjun, dan paviliun.  Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak dan tempat main bola.  Taman ini berada di barat daya Yuen Long New Town.

Tai Po Waterfront Park menampilkan sebuah menara berbentuk spiral dengan pemandangan panorama ke arah Tolo Harbour dan gunung-gunung yang terlihat di kejauhan.

Pertunjukan lainnya termasuk rumah serangga dan taman ekologi, yang menarik sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak.  Taman ini berseberangan dengan Tolo Harbour dan berbatasan dengan Fu Shin Estate di sebelah barat dan Tai Po Industrial Estate disebelah utara.

North District Park di Sheung Shui menyediakan berbagai sarana rekreasi
aktif dan pasif bagi pengunjung untuk menikmatinya.  Untuk sarana aktif,
terdapat lapangan sepak bola, bola tangan, basket dan voli ditambah arena
sepatu roda, tempat kebugaran, dan taman bermain anak-anak.  Sarana pasif
meliputi danau buatan, jeram, taman batu, tempat penangkaran, tempat jalan
setapak berbatu, dan taman bunga.

Sha Tin Park mempunyai sebuah plaza utama dan panggung air dengan
hiasan kanopi berwarna kuning terang.  Di sisi selatan taman, para remaja
bisa menghabiskan waktunya di berbagai tempat mainan anak-anak yang
menyediakan berbagai permainan rekreasi yang menantang.  Pengunjung taman 88 juga dapat berjalan santai melewati taman batu, taman bunga taman unggas dan taman klasik Cina.  Taman ini berlokasi di sepanjang sisi barat Shing Mun River.*


Back to Top ↑