Bolehkan Kurban untuk Orang yang Sudah Meninggal?

Published on September 3rd, 2013 by | Category: Konsultasi Islam


kurban-akikahAsalamualaikum DD..maaf kalo boleh bertanya..insyaallah ortu saya mau berqurban atas nama kakak saya yg telah lebih dulu d panggil Allah..apakah ibu saya d sunahkan berpuasa atas nama kakak saya..trimakasih tas jawbnya.wasalamualaikum….

JAWAB: Wa’alaikum salam wr wb. Kurban atas nama orang yang sudah meninggal merupakan masalah khilafiyah di kalangan ulama. Ada ulama yang membolehkan, ada pula yang melarang, karena orang yang meninggal dunia bukan sebagai sasaran kurban utama, namun statusnya mengikuti kurban keluarganya yang masih hidup.

Misalnya, seseorang berkurban untuk dirinya dan keluarganya, sementara ada di antara keluarganya yang telah meninggal. Berkurban jenis ini dibolehkan dan pahala kurbannya meliputi dirinya dan keluarganya, termasuk yang sudah meninggal.

“Adapun mayit termasuk salah satu yang mendapat pahala dari kurban seseorang, ini berdasarkan hadits, bahwasanya Nabi Saw berkurban untuk dirinya dan keluarganya. Sementara keluarga Nabi Saw mencakup istrinya yang telah meninggal dan yang masih hidup. Demikian pula ketika Nabi berkurban untuk umatnya. Di antara mereka ada yang sudah meninggal dan ada yang belum dilahirkan. Akan tetapi, berkurban secara khusus atas nama orang yang telah meninggal, saya tidak mengetahui adanya dalil dalam masalah ini.” (Syarhul Mumthi’ Syaikh Ibn Utsaimin).

SOAL PUASA. Tidak disyariatkan puasa untuk orang yang sudah meninggal dunia. “Tidak sah seseorang berpuasa atas nama orang lain, begitu pula tidak sah seseorang shalat atas nama orang lain.” (HR Imam Ahmad). Wallahu a’lam bish-showab.

 

Get News Updates from DDHK on Your Email
SHARE THIS. SEBARKAN KEBAIKAN!

Tags: ,


About the Author

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑